Short Story

Hanya dengan sedikitnya Rp 10.000 saja atau berapa pun nominalnya yang kamu inginkan sebagai wujud dukungan finansial kamu untuk kegiatan ini.

Penguatan Kapasitas Jiwa Kewirausahaan Generasi Milenial

by INISIATIF plus

  • Rp 3.864.740.000

    Funding Goal
  • Rp 0

    Funds Raised
  • 62

    Days to go
  • Target Date

    Campaign End Method
Raised Percent :
0%
Minimum amount is Rp1000 Maximum amount is Rp1000000000
Rp
Jombang, Karawang, Indonesia

INISIATIF plus

2 Campaigns | 0 Loved campaigns

See full bio

Campaign Story

Latar Belakang: Dunia sedang menata dirinya kembali, dari berbagai sudut termasuk ekonomi. Pandemi Covid-19 memaksanya untuk mengambil keputusan hingga yang terburuk sekalipun. Dalam dunia kerja, disaksikan banyak pekerja sektor formal yang harus menelan pil pahit PHK dan beberapa bagian di Indonesia juga merasakan hal yang sama.

Namun ekonomi Indonesia tidak dominan ditunjang sektor tersebut, ada sektor non formal yang masih mampu bertahan yaitu UKM dan UMKM. Pada sisi yang lain, Indonesia sedang memasuki bonus demografi dimana jumlah orang mudanya berlimpah, jauh lebih banyak daripada orang tua. Mereka adalah tenaga kerja produktif yang harus diperhatikan dan dipikirkan di mana mereka akan ditampung, bagaimana kemampuannya, keahliannya, kapasitasnya hingga profesionalitas mereka.

Upaya pemerintah melalui RUU Cipta Kerja patut juga diapresiasi. Kesadaran pemerintah dalam merespon kondisi ini menjadi potensi sekaligus juga sebagai tantangan. Dengan mempermudah akses legalitas membuka usaha khususnya usaha kecil menjadi angin segar bagi generasi milenial yang memasuki babak baru kehidupannya. Persaingan sangat ketat, banyak yang berubah di dunia. Cara hidup dan berpikir juga ikut berubah, hanya mereka yang mampu beradaptasi dan responsif dengan cepat saja yang akan bertahan hidup.

Penerima Manfaat: Sebanyak 100 orang generasi milenial, laki-laki dan perempuan: (1) Tingkat pemula; mereka yang berusia setara atau lebih 18 tahun dengan lulus SMA atau tidak memiliki kemampuan biaya lulus SMA. (2) Tingkat dasar; mereka yang sedang menjalankan bisnisnya setidaknya dalam 1 tahun terakhir.

Dampak Hasil Yang Diharapkan: Kuatnya kemampuan wirausaha generasi milenial yang adaptif, responsif, mandiri, berkedaya-tahanan dan bertanggung jawab sosial.

Tujuan Khusus: (1) Mampu mendirikan unit usaha dengan mengatur pembangunan bisnisnya secara mandiri dan menghasilkan omset dari bisnisnya. (2) Bisnis yang dikembangkannya mampu mendongkrak pasar, diminati pelanggan lebih banyak dan mendapatkan nilai tambah lagi.

Indikator: Pada akhir periode; (1.1) 85% unit usaha berdiri berdasarkan cetak biru pembangunan bisnisnya. (1.2) 75% bisnis berjalan dan memperoleh omset dari penjualan produk usahanya dan mereka mampu mengelola pendapatan bisnisnya. (2.1) 85% pengembangan usaha sesuai dengan disain rekapitalisasi bisnisnya. (2.2) 80% bisnis berkembang dengan meningkatnya omset dan jumlah pelanggan serta mereka mampu mengelola pendapatan bisnisnya.

Durasi: 36 bulan

Implementasi: Januari 2021

Tajuk: Penguatan kapasitas jiwa kewirausahaan generasi milenial dalam menghadapi perubahan iklim bagi keberlanjutan hidup dan mata pencaharian sebagai ketahanan pangan keluarga.