Bantu Pemulihan Mata Pencaharian Dampak Covid-19

Sejak merebaknya wabah virus Corona di Indonesia pada awal Maret 2020 telah ditemukan ribuan kasus Covid-19. Sebagai upaya pencegahan, kemudian pemerintah mengeluarkan kebijakan karantina social distancing atau pembatasan jaga jarak sosial dengan cara bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah. Belakangan bahkan kebijakan ditingkatkan dengan karantina skala besar sebagai akibat dari terus bertambahnya jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19.

Seiring dengan kebijakan pembatasan ini, muncul dampak ekonomi menjadi salah satu masalah yang paling dirasakan oleh kelompok masyarakat pada sektor informal. Mereka adalah kelompok rentan seperti pedagang atau usaha jasa kecil baik yang menetap maupun keliling, pengemudi ojek, pengemudi becak, petani dan buruh tani kecil dengan sumber pendapatan dan ketahanan pangan yang rapuh sehingga menjadikan ancaman bagi keberlanjutan hidupnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Yayasan INISIATIF #SegeraBertindak mengundang para pihak dengan kemampuan ekonomi dan keuangan lebih kuat untuk menyisihkan uang sedikitnya Rp 10.000 saja guna membantu memulihkan kembali mata pencaharian bagi mereka yang terdampak Covid-19. Dana yang terkumpul hasil dari galang dana ini akan dialokasikan untuk:

  1. Hibah paket kebutuhan bahan pokok; paket akan berisi diantara variasi produk seperti beras, gula, minyak goreng, telur, mie instan, kopi, teh.
  2. Hibah paket kebersihan dasar; paket akan berisi sabun, cairan pembersih, masker.
  3. Pelatihan dan workshop: penguatan dan peningkatan kapasitas dan kemampuan.
  4. Dana modal usaha; pemberian modal usaha dengan model dana bergulir.

Ringkasan:
Durasi: 1 April 2020 – 31 Agustus 2020
Target dana: Rp 3.000.000.000
Target penerima manfaat: 500 orang
Implementasi: 1 September 2020 – 31 Agustus 2023